jump to navigation

Malam Ini Puncak Hujan Meteor Leonid November 17, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , , ,
trackback

JAKARTA, KOMPAS.com – Jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati hujan meteor Leonid yang bakal mencapai puncaknya Selasa (17/ 11) malam ini. Pemandangan langka dan tidak semua orang bisa menikmatinya ini bisa disaksikan dengan mata telanjang di semua wilayah dunia, bahkan paling baik dilihat dari Asia termasuk Indonesia.

Setiap tahun, hujan meteor Leonid selalu mendapat pehatian dari para pengamat langit. Kali ini, kondisi langit juga mendukung karena sedang bulan dalam fase bulan baru sehingga cahayanya tidak mengganggu. Namun, pemandangan spektakuler tentu baru bisa dinikmati dengan syarat jika cuaca tidak mendung.

“Kami prediksi 20-30 meteor per jam di atas langit Amerika dan sebanyak 200-300 meteor per jam di langit Asia,” ujar Bill Cooke, pejabat di Meteoroid Environment Office NASA. Waktu terbiak untuk mengamatinya adalah setelah tengah malam hingga fajar.

Disebut hujan meteor Leonid karena meteor-meteor yang melesat muncul dari pusat radian di atas rasi bintang Leo. Bulan November ini, rasi bintang ini bisa dilihat di arah Timur Laut pada malam hari. Hujan meteor Leonid berasal dari serpihan-serpihan komet Tempel-Tuttle yang tertinggal saat mendekati Matahari setiap 33 tahun sekali. Saat serpihan-serpihannya melintas atmosfer Bumi, ia akan terbakar dan terlihat sebagai meteor.

Ukuran serpihan-serpihan berupa debu dan es itu sendiri rata-rata tak lebih besar dari butiran pasir. Namun, ada beberapa yang sebesar biji kacang atau kelereng. Namun karena arah gerak serpihan-serpihan itu berlawanan dengan gerakan Bumi, kecepatan meteor yang melesat bisa mencapai 72 kilometer perjam dan kadang-kadang membentuk jalur cahaya yang panjang dengan rona cahaya putih, biru, atau hijau.

Jumlah meteor yang melesat setiap tahun berubah-ubah tergantung bagian yang bersinggungan dengan atmosfer Bumi. Tahun ini diperkirakan lebih banyak meteor yang terlihat dibandingkan tahun lalu. Namun, pemandangan paling spektakuler pernah terjadi antara tahun 1999 hingga 2002 saat ribuan meteor bisa dilihat dalam setiap jam sehingga mirip badai meteor.

Sumber: kompas.com

Comments»

1. nana - November 17, 2009

assalamu’alaikum warahmatullah
di indonesia kan sdg musim hujan nih skrg…
gk bisa di lihat ya??

arif aja deh - November 17, 2009

wa ‘alaykumussalaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh..
kalau malam ini mendung,kemungkinkan kecil bisa dilihat..
jam nya nda tau secara pasti yang jelas dini hari hingga fajar dan bisa dilihat dengan mata telanjang (tanpa alat bantu)..
Allaahu a’lam..

2. nana - November 17, 2009

jam brp??
n bisa dilihat langsung tanpa alat bantu??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: