jump to navigation

Ngemil yang Sehat (2) September 9, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , , ,
trackback

Cari Kesibukan
Keinginan untuk Ngemil biasanya datang ketika pekerjaan anda sedang longgar. Bukan berarti anda harus terus sibuk hingga menguras energi. Cukup cari kegiatan yang akan menyibukkan tangan anda. Chatting dengan teman, main kartu, menjahit, main piano, atau mengecat kuku bisa jadi pilihan. Intinya, cari kesibukan dan alihkan pikiran anda dari keinginan untuk Ngemil.

Stop Nonton TV
Menonton TV terbukti membangkitkan semangat Ngemil. Menonton TV membuat anda merasa harus melakukan sesuatu sebagai sambilan. Biasanya, yang jadi pilihan adalah mencari camilan. Apalagi, kebanyakan iklan di TV mempromosikan makanan yang lezat-lezat. Kembali ke saran sebelumnya, cari kegiatan lain yang mengalihkan pikiran anda dari keinginan Ngemil.

Sikat Gigi Setelah Makan
Sikat atau bersihkan gigi setelah makan. Walau kesannya simpel, kegiatan ini terbukti bisa membuat anda menghindari makanan, setidaknya selama satu jam ke depan.

Hitung Kalori yang Masuk dan Pikir Keluarannya
Jangan makan sambil melakukan kegiatan lain. Makan yang dilakukan sambil melakukan kegiatan lain membuat anda ‘tak menyadari’ anda sedang makan. Akibatnya, anda terus akan merasa lapar dan ingin makan. Setiap makan pikirkan apa yang anda makan, apakah anda benar-benar menginginkannya, berapa kalori yang masuk, dan apakah anda akan melakukan kegiatan yang bisa membuang kalori itu.

Kalori pizza yang anda makan misalnya, hanya beberapa menit memberi kenikmatan di mulut akan bersarang lebih lama di tubuh anda jika tak ada usaha untuk mengeluarkannya. Buat perhitungan, satu pizza akan dibalas dengan satu jam jogging.

Makan
Salah satu jurus paling ampuh untuk mencegah Ngemil adalah makan! Makan pagi, siang, dan malam jangan ada yang dilewatkan. Jika satu saja terlewat, keinginan untuk balas dendam lewat Ngemil pasti semakin besar. Melewati waktu makan bisa membuat anda semakin lapar. Hasilnya Ngemil pasti jadi pilihan karena tak mungkin meninggalkan meja kantor. Karena itu, ketika waktu makan pagi, siang, dan malam tiba, jangan dilewatkan.

TIPS lain yang patut dicoba
* Buat rencana camilan sepanjang minggu, khususnya jika Anda bekerja di luar rumah. Buat daftar seluruh camilan untuk perbekalan sepanjang minggu dan persiapkan persediaannya sesuai daftar yang Anda buat. Beli beraneka camilan sehat supaya Anda tidak bosan.

* Catat camilan yang sudah anda makan beserta banyaknya, sehingga anda dapat memperkirakan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda.

* Sejumlah penelitian menunjukkan orang-orang yang makan makanan sehat selama empat atau lima kali sepanjang hari lebih sedikit mengalami obesitas dari pada yang hanya makan tiga atau empat kali sepanjang hari.

Kunci Suksesnya, anda harus konsekuen dan tidak mudah menyerah. Diet yang memberi hasil singkat juga memberi risiko naiknya berat badan dengan singkat. Pelan tapi pasti dan stabil lebih baik dari pada berat badan turun naik dalam waktu singkat. (diolah dari berbagai sumber: cie)

Sumber:
http://surabaya-ehealth.org/content/tips-ngemil-nan-sehat-ii

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: