jump to navigation

Ngemil yang Sehat (1) September 9, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , ,
trackback

Surabaya, eHealth. Bagi anda yang ingin menjalani diet, biasanya keinginan untuk makan makanan ringan atau yang lebih dikenal dengan ngemil adalah godaan yang terbesar. Perut yang lapar biasanya menuntut asupan makanan untuk mengganjal beberapa saat. Karena diri sendiri melarang untuk makan, akhirnya pelariannya ngemil. Kebiasaan ini patut diwaspadai, sebab bisa jadi kalori yang masuk ke tubuh kita jauh lebih besar daripada jika kita makan makanan berat. Berikut ada tips untuk ngemil nan sehat sehingga tidak mengacaukan diet anda.

Hindari Kudapan Tidak Sehat
Sebenarnya, ngemil bertujuan untuk menahan lapar diantara jam makan. Pada dasarnya, ngemil adalah kegiatan yang sah-sah saja, akan tetapi pilihlah makanan ringan yang sehat. Makanan ringan atau camilan bisa dikombinasikan, meskipun ingin sehat, bukan berarti harus makan buah atau sayur saja. Asal pandai memilih, beberapa makanan ringan juga bisa dinikmati.

Sebisa mungkin, pilih makanan ringan yang rendah lemak, lihat di bagian belakang kemasan makanan ringan yang anda beli. Lihat kadar lemak setiap sajian. Jika tertulis kadar lemak setiap sajian lebih dari 5% sebaiknya anda pilih makanan ringan yang lain saja.

Pilihlah Makanan Ringan Yang Sehat
Pilih makanan yang dapat memenuhi rasa lapar Anda. Isi tubuh Anda dengan energi dan nutrisi penting. Pilih beragam makanan untuk memastikan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Dan buat acara ngemil Anda lebih menyenangkan. Berikut beberapa pilihan makanan ringan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:

* Padi-Padian Penuh. Makanan berbahan padi-padian kaya serat dan karbohidrat kompleks. Makanan jenis ini akan memberi Anda energi dan membuat tetap bertenaga. Pilih biskuit berbahan padi-padian, atau kue kering dari bahan padi-padian.
* Buah Dan Sayur. Makan buah dan sayur akan membuat Anda merasa kenyang. Selain sehat, tidak mengandung lemak, sedikit kalori, buah juga mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh. Apel, jambu, melon, pepaya, dan mangga adalah buah yang baik dijadikan sebagai makanan ringan sehat yang cukup mudah untuk kita temukan. Agar tidak bosan, buah dapat dijadikan beberapa variasi penyajian. Dimakan segar, dijadikan jus, divariasikan menjadi puding, atau dicampurkan dengan agar-agar atau jeli.
* Kacang Dan Biji-Bijian. Kacang mengandung protein yang dapat membantu Anda awet kenyang. Kacang dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh, jenis lemak yang bagus buat kesehatan. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengandung kalori tinggi, apalagi jika digoreng. Karena itu, jangan ngemil kacang dan biji-bijian banyak-banyak.
* Produk Susu Rendah Lemak. Keju, yogurt, dan produk susu lain adalah sumber kalsium dan protein yang bagus, plus sejumlah vitamin dan mineral. Tapi yang perlu diperhatikan, produk-produk susu ini biasanya tinggi lemak, jadi pilih yang versi rendah lemak. Beberapa jenis yogurt biasanya ditambah gula, jadi pertimbangkan
yogurt tanpa gula jika Anda ingin membatasi konsumsi kalori.

Jenis makanan ringan ini dapat dikombinasikan dan diolah menjadi beberapa variasi rendah kalori yang mengenyangkan.

Perhatikan Waktu Ngemil
Tidak hanya pilihan makanan, waktu ngemil juga bisa berpengaruh terhadap kalori yang akan dipergunakan oleh tubuh. Ngemil di malam hari, menjelang tidur memang tidak baik karena tubuh tidak lagi membutuhkan energi ekstra. Asal tidak berlebih, disela makan utama sebenarnya ngemil sah-sah saja. Ngemil diantara makan siang dan makan malam baik karena rasa kenyang akan mengurangi porsi makan malam.

Coba Gunakan Aromaterapi

Beberapa wewangian aromaterapi bisa berpengaruh untuk menurunkan nafsu makan. Jika ingin ngemil coba nyalakan lilin aromaterapi. Pilih wangi teh hijau atau lavender yang akan membantu anda menghilangkan nafsu untuk mengudap.

Cegah Ngemil Dengan Minum

Salah satu jurus ampuh mengurangi keinginan ngemil adalah minum. Dengan minum, lambung akan terasa penuh sehingga keinginan untuk makan bisa hilang untuk sementara waktu. Jika minum air putih segelas tidak berpengaruh sebaiknya coba minuman lain. Teh herbal dengan madu bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Selain membuat suasana semakin asyik, teh herbal juga bisa menjadi pengalih perhatian dari keinginan ngemil. Anda juga bisa memilih minuman yang lain selama minuman tersebut non kafein dan rendah gula, misalnya jus atau susu diet. (Cie)

Sumber:
http://surabaya-ehealth.org/content/tips-ngemil-nan-sehat-i

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: