jump to navigation

Apakah Vertigo Itu? September 9, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , , ,
trackback

BPV atau positional vertigo adalah perasaan berputar yang terjadi oleh karena suatu posisi tertentu dari kepala penderita, terutama pada perubahan posisi kepala yang mendadak. Istilah benign sendiri menyatakan bahwa sebenarnya keadaan tersebut tidaklah serius dan biasanya akan membaik dengan sendirinya.

Apakah penyebab dari vertigo tersebut?
Pada sebagian besar penderita penyebabnya tidak diketahui, tetapi hal tersebut bisa terjadi oleh karena kecelakaan yang menyebabkan cedera pada leher atau kepala. Ada 2 teori yang dapat menerangkan BPV tersebut:

  • Adanya permasalahan pada leher penderita biasaya oleh karena adanya sendi pada daerah leher yang “bengkok”. Leher sendiri sebenarnya berhubungan langsung dengan pusat keseimbangan melalui suatu jalur syaraf yang khusus.
  • Adanya partikel partikel kecil yang terdapat pada pusat keseimbangan di telinga dalam. Partikel partikel tersebut sebenarnya adalah endapan yang terbentuk dipusat keseimbangan yang dapat menyebabkan gangguan pada pusat keseimbagan itu sendiri

Apakah gejala dari Vertigo?
Serangan pusing yang mendadak selama 10-30 detik setelah kita mendadak menggerakan kepala kita (dalam hal ini harus dibedakan antara pusing dan nyeri kepala, pusing adalah suatu perasaan dimana kita merasa ruangan di sekitar kita berputar mengelilingi kita atau kita merasa diri kita berputar walaupun sebenarnya kita tahu kalau kita sedang diam ditempat, sementara nyeri kepala adalah perasaan sakit dikepala yang biasanya berdenyut atau dirasakan kepala seperti diikat tali kencang2). Serangan pusing itu akan hilang dengan cepat

Siapa yang dapat terkena BPV?

Sebenarnya BPV bisa mengenai semua orang dalam berbagai usia, tetapi orang dewasa dan usia lanjut lebih sering terkena. Wanita lebih sering terkena dua kali lipat dari pada pria.

Berapa lama BPV berlangsung?
Setiap serangan biasanya berlangsung antara 10-30 detik. Tapi terkadang bisa berlangsung hingga 60 detik atau lebih. Serangan tersebut biasanya hilang timbul selama beberapa minggu. Biasanya serangan dapat terjadi lagi setelah beberapa bulan atau beberapa tahun. Tetapi beberapa orang hanya terserang 1 kali saja selama hidupnya

Apa efek samping dari BPV
Biasanya tidak ada efek yang berlangsung dalam jangka panjang. Tidak seperti hal hal lain yang menyebabkan pusing, Vertigo biasanya tidak menyebabkan mual, muntah, tinitus(perasaan berdenging di telinga) atau tuli. Akan tetapi orang tersebut disarankan untuk berhati2 jika mengemudi.

Apa terapi dari Vertigo?
Tidak ada terapi khusus untuk vertigo. Obat-obatan biasanya tidak efektif untuk mencegah serangan. Biasanya kita hanya mengawasi saja hingga keadaan ini berlangsung dengan sendirinya. Tetapi ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu, yaitu:

  • Hindarkan posisi kepala yang dapat mencetuskan vertigo
  • Lakukan latihan pada leher anda
  • Mintalah bantuan terapi mobilisasi leher dari ahli phisiotherapi

Kadang kala vertigo membutuhkan rujukan ke dokter spesialis untuk memastikan keadaan tersebut hanyalah BPV, dan bukan masalah sirkulasi pada otak.
Cara untuk latihan bagi mereka yang mengalami Vertigo ada di topik lain.

Download artikel mengenai exercise untuk penderita vertigo pada link di bawah ini :

Exercises for Positional Vertigo

Sumber:
http://www.dokterku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=19&Itemid=39

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: