jump to navigation

Pusat Informasi Gempa Bumi Asia Tenggara (ASEAN) September 7, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , , , ,
trackback

Kawasan ASEAN terletak di persimpangan tiga lempeng tektonik besar yaitu Eurasia, Indo-Australia dan lempeng Pasifik, dan satu piring kecil, Filipina piring. Kondisi ini menghasilkan ribuan gempa bumi setiap tahun sebagian besar yang berpotensi merusak. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa gempa bumi besar terjadi di beberapa bagian negara-negara ASEAN yang menimbulkan kerusakan pada bangunan dan struktur lainnya, tanah longsor di daerah pegunungan, tanah surut dan tanah pecah. Gempa bumi besar ini juga menyebabkan korban jiwa besar. Apa yang membuat gempa bumi yang lebih parah adalah kenyataan bahwa hal ini mungkin menimbulkan tsunami hingga 10 meter gelombang tinggi yang menambah tingkat kerusakan, terutama di daerah-daerah di sepanjang pantai.

Untuk memantau aktivitas gempa bumi, dan juga membantu mengurangi dampak dari bencana gempa, sebagian besar negara di ASEAN telah mendirikan Pusat seismologi Nasional (NSCs). Sementara di beberapa negara NSCs cukup modern, yang lainnya masih dalam proses upgrade. Idealnya setiap upgrade NSC harus memiliki sistem monitoring real time dan fasilitas lain untuk cepat penyebaran informasi gempa.

Negara-negara anggota ASEAN telah berusaha untuk meningkatkan kemampuan NSCs di negara masing-masing untuk memungkinkan NSCs untuk melakukan berbagai kegiatan dan program penelitian dan prediksi gempa menangani pemantauan, tepat perencanaan pemanfaatan lahan, seismik bahaya dan penilaian risiko dengan berbagai tingkat dan derajat teknik mendalam. Ini semua adalah bertujuan untuk mengurangi risiko gempa bumi bagi umat manusia. Upaya-upaya ini, bagaimanapun, terhambat oleh masalah umum yang berkaitan dengan tenaga terlatih dan fasilitas seismik memadai. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah untuk mendirikan sebuah pusat informasi seismik regional di mana layanan dan fasilitas yang telah tersedia dapat digunakan bersama oleh seluruh negara anggota ASEAN.

Informasi gempa bumi yang disajikan meliputi waktu terjadinya gempa bumi, lokasi gempa bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur, besarnya gempa bumi dalam Skala Richter (SR), kedalaman, serta radius pusat gempa dengan suatu kota. Selain itu, informasi ini juga disertai dengan peta. Untuk mengetahui informasi gempa bumi terkini di kawasan ASEAN, silakan buka http://aeic.bmg.go.id/mapperaeic.asp, khusus Indonesia silakan buka http://neic.usgs.gov/neis/last_event/world_indonesia.html

Sumber:
http://aeic.bmg.go.id
http://usgs.gov

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: