jump to navigation

Elemen-elemen Jaringan Komputer September 9, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Dalam sebuah jaringan komputer pada umumnya terdapat perangkat, media, dan layanan yang diikat oleh aturan yang bekerja sama untuk mengirim pesan. Kita menggunakan kata pesan sebagai sebuah istilah yang meliputi halaman web, e-mail, instant messages, panggilan telepon, dan bentuk komunikasi lain yang dimungkinkan di Internet. Pada tulisan ini, kita akan mempelajari tentang macam-macam pesan, perangkat, media, dan layanan yang memungkinkan komunikasi pesan tersebut. Kita juga akan mempelajari tentang aturan atau protokol yang mengikat elemen-elemen jaringan komputer ini bersama-sama.

network elements

Pada gambar di atas dapat dilihat 4 elemen jaringan komputer, yaitu:
* Aturan (rules)
* Media (medium)
* Pesan (messages)
* Perangkat (device)

Jaringan komputer dapat digambarkan secara grafis dan pada gambar berikut ini akan ditampilkan ikon-ikon yang mewakili perangkat jaringan komputer. Pada sisi kiri gambar di bawah ini diperlihatkan beberapa perangkat umum yang merupakan tempat asal pesan yang menjadi bagian dari komunikasi kita. Perangkat ini terdiri atas berbagai jenis komputer (PC dan laptop ikon akan ditampilkan), server, dan telepon IP. Pada jaringan area lokal perangkat ini biasanya dihubungkan dengan media LAN (wired atau wireless).

common data network symbol

Sisi kanan gambar di atas memperlihatkan perangkat yang disebut dengan intermediate devices (perangkat perantara), yang digunakan untuk mengarahkan dan mengelola pesan dalam jaringan. Selain itu juga diperlihatkan simbol-simbol jaringan yang lain. Penjelasan ringkas mengenai intermediate device tersebut, sebagai berikut:
* Switch – perangkat umum yang digunakan untuk interkoneksi Local Area Networks (LAN).
* Firewall – menyediakan keamanan untuk jaringan.
* Router – membantu mengarahkan pesan saat melakukan perjalanan di jaringan.
* Wireless Router – router tipe khusus yang sering ditemukan di home networks.
* Cloud – digunakan untuk meringkas sekelompok perangkat jaringan, rincian yang mungkin tidak penting untuk didiskusikan.
* Serial Link – salah satu bentuk dari interkoneksi WAN, yang diwakili oleh petir berbentuk garis.

Agar jaringan dapat berfungsi, perangkat harus saling berhubungan. Dapat berupa koneksi jaringan kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Dalam koneksi kabel, medianya dapat berupa tembaga yang membawa sinyal-sinyal listrik, atau serat optik yang membawa sinyal-sinyal cahaya. Dalam koneksi nirkabel, medianya adalah atmosfer bumi, atau ruang, dan sinyal gelombang mikro. Media tembaga termasuk di dalamnya kabel seperti kabel telepon twisted pair, kabel koaksial, atau kabel paling umum yang dikenal sebagai kabel Kategori 5 Unshielded Twisted Pair (UTP). Serat optik, helai tipis kaca atau plastik yang membawa sinyal cahaya, adalah bentuk lain dari media jaringan. Media nirkabel meliputi koneksi nirkabel rumah antara router nirkabel dan komputer dengan kartu jaringan nirkabel, koneksi nirkabel terestrial antara dua stasiun di darat, atau komunikasi antarperangkat di bumi dan satelit. Dalam perjalanannya di Internet, pesan akan melalui berbagai media.

Koneksi Jaringan

Manusia sering berusaha untuk mengirim dan menerima berbagai pesan dengan menggunakan aplikasi komputer; aplikasi ini memerlukan layanan yang disediakan oleh jaringan. Layanan ini meliputi World Wide Web, e-mail, instant messaging, dan IP Telephony. Perangkat yang dihubungkan oleh media untuk menyediakan layanan harus diatur oleh aturan atau protokol. Dalam tabel berikut ini, diperlihatkan beberapa layanan umum dan protokol yang langsung berhubungan dengan layanan yang tercantum.

protocol and service

Protokol adalah aturan pada perangkat jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Standar industri di bidang jaringan komputer saat ini adalah seperangkat protokol yang disebut TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). TCP / IP digunakan di jaringan rumah dan bisnis, selain itu juga sebagai protokol utama Internet. Protokol TCP / IP yang menentukan format, pengalamatan dan mekanisme routing yang memastikan pesan kita dikirim ke penerima yang benar.

Sumber:
Cisco Networking Academy Exploration 1

About these ads

Comments»

1. yoga - January 18, 2011

lgi praktikum komputer ada tmn q yg namaya aryanto


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: