jump to navigation

Manfaat ASI September 6, 2009

Posted by haniki in ilmu.
Tags: , , ,
trackback

Mengapa ASI?
Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik yang dapat diberikan ibu kepada bayi yang baru dilahirkannya. Menurut para ahli ASI merupakan makanan yang sempurna bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Didalam ASI terkandung berbagai zat yang nutrisi yang dicerna dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan dan mengandung bahan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Selain itu, di saluran pencernaan, ASI menyediakan faktor kekebalan/imunitas untuk melawan berbagai penyebab penyakit. ASI sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan juga bayi.

Apa Pentingnya ASI?
Karena ASI punya berbagai manfaat antara lain,

• Aspek Gizi
ASI mengandung zat gizi yang sesuai untuk bayi dan enzim-enzim untuk mencernakan zat-zat gizi yang terkandung dalam ASI. Zat-zat gizi yang dikandung dalam ASI mempunyai kualitas tinggi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi.

• Aspek Neurologis
Dengan menghisap payudara, maka akan terjadi koordinasi sistem syaraf menelan, menghisap, dan bernafas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.

• Aspek Imunologi/kekebalan
Zat-zat kekebalan tubuh di dalam ASI memberikan perlindungan langsung melawan serangan penyakit terutama diare.

• Aspek Psikologi
Kontak langsung antara ibu dan bayi merupakan ikatan kasih sayang dimana bayi akan merasa aman dan puas karena merasakan kehangatan tubuh ibu.

• Aspek Ekonomis
Dengan menyusui secara ekslusif berarti tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makanan bayi sampai bayi berumur 6 bulan.

Apa Kandungan ASI?
Komposisi ASI terdiri dari lebih 200 unsur-unsur pokok, antara lain zat putih telur, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, faktor pertumbuhan, hormon, enzim, zat kekebalan, dan sel darah putih.
Komposisi ASI tidak konstan dan tidak sama dari waktu ke waktu. Adapun komposisinya dipengaruhi oleh tahapan menyusui (stadium laktasi), keadaan nutrisi, ras, dan diit ibu.

ASI menurut stadium laktasi terbagi menjadi tiga yaitu,
• Kolostrum
merupakan cairan (bening kekuningan) yang pertama kali dikeluarkan pada hari ke-1 sampai ke-3. Kolostrum mengandung zat kekebalan terutama IgA yang berfungsi melindungi bayi dari penyakit infeksi terutama diare.

• Air susu transisi
ASI yang keluar pada hari ke-4 sampai hari ke-10. Kadar karbohidrat, lemak, dan volume ASI tinggi, namun kadar proteinnya rendah.

• Air susu matur
ASI yang keluar pada hari ke-10 dan seterusnya. Pada air susu matur terdapat anti mikroba berupa antibody terhadap bakteri dan virus, enzim, protein, serta hormon-hormon yang penting

Apa itu ASI Eksklusif ?
Pemberian ASI kepada bayi selama 6 bulan tanpa tambahan apapun (baik susu formula maupun makana tambahan lainnya).

Mengapa 6 Bulan Pertama?
Pada 6 bulan pertama Faktor kekebalan yang cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh bayi guna mencegah berbagai macam penyakit seperti diare dan ISPA

Sempurnakan Penyusuanmu Ibu….

”Para Ibu hendaknya menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan” (Q.S. Al Baqarah : 233).

Dengan menyempurnakan penyusuan akan menambah kekebalan tubuh bayi, peningkatan kecerdasan bayi serta menjaga kesehatannya.

Sumber:

http://kholilahpunya.wordpress.com/2009/02/13/159/

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: